Jumlah Perempuan Di Sumedang Daftar Caleg Yaitu 199 Orang

Jumlah partisipasi caleg perempuan ini meningkat dari pileg sebelumnya. Hal ini karena aturan perundang-undangan mewajibkan partai untuk mendaftarkan caleg perempuan sebanyak 30% dari daftar calon.

Takut dikenai sanksi yakni dibatalkan daftar calegnya oleh KPU, seluruh partai politik peserta pemilu berjibaku memenuhi kuota keterwakilan perempuan sebesar 30 persen dari jumlah total caleg di setiap daerah pemilihan.

Peraturan KPU Nomor 7/2013 jelas menyatakan, pada satu daerah pemilihan, dari setiap tiga orang calon legislatif yang didaftarkan parpol, wajib ada satu caleg perempuan. Jika tidak, KPU bisa langsung menyatakan daftar caleg suatu parpol di daerah pemilihan tersebut tidak memenuhi syarat mengikuti pemilu.

Konsekwensi logisnya, pada Pemilu Legislatif 2014 mendatang, jumlah caleg perempuan mencapai 199 orang, jauh meningkat dibanding pemilu sebelumnya. “Pemilu sebelumnya itu tidak diwajibkan, hanya akan diumumkan kepada publik bahwa parpol yang bersangkutan tidak memenuhi kuota keterwakilan perempuan. Kalau Pemilu 2014, itu wajib dipenuhi,” kata Nina Yuningsih, Anggota KPU Divisi Humas

“Jumlah caleg perempuan meningkat dari pileg sebelumnya. Ini karena partai dikenai sanksi jika daftar caleg tidak memenuhi kuota 30% perempuan,” kata Ketua KPU Sumedang Asep Kurnia.

Dari seluruh partai peserta pileg 2014, Partai Nasdem paling banyak mengajukan caleg perempuan. Ada 19 orang caleg perempuan tercantum dalam daftar caleg partai Nasdem.

“Caleg perempuan paling banyak didaftarkan Partai Nasdem dan caleg perempuan paling sedikit ada pada PKPI yaitu ada 11 orang dari 30 orang calegnya yang didaftarkan,” kata Asep yang menyebutkan semua partai sudah dapat memenuhi keterwakilan perempuan sehingga proses penelitian administrasi dapat dilanjutkan.

Sebanyak sembilan partai mengajukan caleg sebanyak 50 orang atau sesuai dengan jumlah kursi di DPRD. Tiga partai lainnya mengajukan caleg sebanyak 38 caleg yaitu dari Partai Hanura, 34 orang dari PBB, dan 30 orang dari PKPI.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar